Penerapan Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih di MTs

Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Sidamulya

Authors

  • Arief Tirtana Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Lakbok, Jawa Barat, Indonesia
  • Daryaman Universitas Islam Darussalam (UID) Ciamis, Jawa Barat, Indoensia
  • Ujang Endang Universitas Islam Darussalam (UID) Ciamis, Jawa Barat, Indoensia
  • A. Heris Hermawan Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Jawa Barat, Indoensia

DOI:

https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.502

Keywords:

pembelajaran, examples non examples, prestasi belajar, peserta didik, Fiqih.

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta penggunaan metode mengajar yang monoton merupakan permasalahan utama yang ditemukan di lokasi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada siswa kelas VII MTs Sidamulya Kecamatan Cisaga tahun 2025, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilannya. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 26.00 menggunakan uji beda (t) dengan Wilcoxon.  Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan prestasi belajar, dari nilai rata-rata pre-test sebesar 6,38 (kategori kurang) menjadi 9,00 (kategori cukup) pada post-test, dengan selisih total 51 poin ke arah positif dan nilai signifikansi 0,000. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh kompetensi guru, potensi dan motivasi siswa, serta ketersediaan sarana-prasarana yang memadai. Temuan ini menegaskan bahwa model Examples Non Examples efektif dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Fiqih.

 

Downloads

Published

2025-08-18

How to Cite

Tirtana, A. ., Daryaman, D., Endang, U. ., & Hermawan, A. . (2025). Penerapan Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih di MTs: Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Sidamulya. Khulasah : Islamic Studies Journal, 7(2), 207-224. https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.502