Penerapan Model Examples Non Examples untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fiqih di MTs
Studi Eksperimen di Kelas VII MTs Sidamulya
DOI:
https://doi.org/10.55656/kisj.v7i2.502Keywords:
pembelajaran, examples non examples, prestasi belajar, peserta didik, Fiqih.Abstract
Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih, kurangnya keaktifan siswa dalam pembelajaran, serta penggunaan metode mengajar yang monoton merupakan permasalahan utama yang ditemukan di lokasi penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran Examples Non Examples dalam meningkatkan prestasi belajar Fiqih pada siswa kelas VII MTs Sidamulya Kecamatan Cisaga tahun 2025, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung keberhasilannya. Metode penelitian menggunakan desain eksperimen pretest-posttest control group. Teknik pengumpulan data meliputi observasi dan tes, sedangkan analisis data dilakukan dengan bantuan SPSS versi 26.00 menggunakan uji beda (t) dengan Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan prestasi belajar, dari nilai rata-rata pre-test sebesar 6,38 (kategori kurang) menjadi 9,00 (kategori cukup) pada post-test, dengan selisih total 51 poin ke arah positif dan nilai signifikansi 0,000. Keberhasilan ini dipengaruhi oleh kompetensi guru, potensi dan motivasi siswa, serta ketersediaan sarana-prasarana yang memadai. Temuan ini menegaskan bahwa model Examples Non Examples efektif dalam meningkatkan pemahaman dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran Fiqih.